Dwi Syaeful Mujab

#SinauNulis...

Selengkapnya
Peningkatan Ketrampilan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Media DELASARI (Dengar Lagu Campursari) Pada Siswa Kelas XII IPA 2 Semester 1 SMA N 2 Kendal Tahun Pelajaran 2016-2017

Peningkatan Ketrampilan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Media DELASARI (Dengar Lagu Campursari) Pada Siswa Kelas XII IPA 2 Semester 1 SMA N 2 Kendal Tahun Pelajaran 2016-2017

ABSTRAK

Mujab, Dwi Syaeful. 2016 “Peningkatan Ketrampilan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Media DELASARI (Dengar Lagu Campursari) pada Siswa Kelas XII IPA 2 Semester 1 SMA N 2 Kendal Tahun Pelajaran 2016-2017”.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan ketrampilan menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Media DELASARI pada siswa kelas XII IPA 2 semester 1 SMA N 2 Kendal tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media DELASARI pada pembelajaran menulis naskah drama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian seluruh siswa Kelas XII IPA 2 Semester 1 SMA N 2 Kendal Tahun Pelajaran 2016-2017.

Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Alokasi waktu tahap tindakan yang berupa proses pembelajaran adalah 2 x 45 menit. Pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes berupa observasi atau pengamatan yang dilakukan oleh siswa. Adapun instrumen datanya menggunakan lembar penilaian dan lembar observasi siswa tiap masing-masing siklus. Analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media DELASARI (Dengar Lagu Campursari) pada siswa kelas XII IPA 2 semester 1 SMA N 2 Kendal tahun pelajaran 2016-2017 ternyata dapat meningkatkan ketrampilan menulis naskah drama. Untuk itu hendaknya para guru dapat memanfaatkan Media DELASARI (Dengar Lagu Campursari) sebagai salah satu alternatif dalam mengajarkan ketrampilan menulis naskah drama dan para peneliti dapat mengembangkan penelitian ini lebih lanjut.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali